Rabu, 30 September 2009

Tugas Ke 1 Ekonomi Koperasi

KOPERASI SMANSABA

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperrasi sebagai garakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.Saat saya bersekolah di salah satu SMA Negeri di Balaraja, disana terdapat koperasi SMANSABA. Koperasi tersebut beranggotakan para pengajar atau guru-guru yang mengajar pada sekolah tersebut dan para siswa yang mengemban pendidikan pada sekolah tersebut. Koperasi yang terdapat pada sekolah tersebut, merupakan koperasi simpan pinjam. Koperasi simpan pinjam adalah koperasi yang bergerak di bidang simpanan dan pinjaman.

Dalam pengadaan modalnya, koperasi tersebut menggunakan simpanan pokok, simpanan wajib dan simpanan sukarela. Dimana untuk setiap simpanan tersebut dapat dirinci sebagai berikut :
Simpanan Pokok 100.000/tahun
Simpanan Wajib 30.000/bulan

Selain memberikan pinjaman kepada para anggotanya, koperasi tersebut juga menjual seragam sekolah, alat-alat tulis dan makanan ringan.

Dari kegiatan koperasi tersebut, saya dapat mengetahui seberapa besar dana yang digunakan untuk pengadaan modal koperasi tersebut dan saya juga dapat mengetahui seperti apa koperasi itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar